Sabtu, 14 Juni 2008

HABBATUSSAUDA MENGOBATI SEGALA MACAM PENYAKIT KECUALI KEMATIAN (HR. BUKHARI - MUSLIM)MADU OBAT YANG MENYEMBUHKAN BAGI MANUSIA (QS: AN-NAHL: 69) UNTUK

Abstrak

Produk domestik bruto merupakan hal yang sangat penting didalam suatu negara, karena PDB dapat mengukur kesejahteraan suatu bangsa. Oleh karena itu penting rasanya untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhinya. Menurut teori terdapat empat faktor yang mempengaruhi PDB, yaitu konsumsi, investasi, pengeluaran pemerintah dan net export. Selain itu terdapat faktor-faktor lain yang mempengaruhi keempat faktor diatas, seperti tingkat harga, tingkat suku bunga, money supply, inflasi, nilai tukar antar negara. Makalah ini berupaya mencari tahu apakah terdapat hubungan yang simultan (dua arah) antara konsumsi, investasi dengan PDB. Dengan menggunakan data kuartalan Indonesia periode tahun 2000 sampai 2005, didapatkanlah hasil bahwa terdapat hubungan simultan antara konsumsi dan investasi dengan PDB. Tidak lupa ditambahkan Variabel lag dengan maksud menambah keakuratan.

Bab I

Pendahuluan

A. Latar Belakang

Produk domestik bruto (PDB), adalah pendapatan total dan pengeluaran total nasional atas output barang dan jasa dalam periode tertentu. PDB ini dapat mencerminkan kinerja ekonomi, sehingga semakin tinggi PDB sebuah negara, dapat dikatakan semakin bagus pula kinerja ekonomi dinegara tersebut. Karena begitu pentingnya peran PDB di dalam suatu perekonomian, maka perlu kiranya untuk menganalisa faktor-faktor apa sajakah yang dapat mempengaruhi PDB.

Sebenarnya ada banyak sekali faktor, baik langsung maupun tidak langsung. Menurut teori Keynes, PDB terbentuk dari empat faktor yang secara positif mempengaruhinya, keempat faktor tersebut adalah konsumsi (C), investasi (I), pengeluaran pemerintah (G), dan ekspor bersih (NX). Keempat faktor tersebut kembali dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, antara lain dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti tingkat pendapatan, tingkat harga, suku bunga, tingkat inflasi, money supply, nilai tukar dan suku bunga negara asing.

Untuk mengetahui seberapa besar konsumsi dan investasi mempengaruhi PDB diperlukan analisis lebih lanjut mengenai besar hubungan tersebut, untuk itu diperlukanlah sebuah alat analisa. Beberapa alat analisa yang dapat digunakan dalam ekonomi adalah matematika ekonomi, statistika, dan ekonometrika. Statistika inferen hanya dapat mengetahui hubungan antar variabel. Teori ekonomi hanya dapat mengetahui arah dari suatu variabel, sedang matematika hanya dapat menyediakan persamaan yang deterministic. Ekonometrika merupakan suatu ilmu yang menggabungkan ketiga hal tersebut. Ekonometrika dapat menunjukkan besar, arah, serta kesesuaian (signifikansi) suatu variabel independen terhadap variabel dependennya. Atas dasar tersebut, maka ekonometrika akan digunakan sebagai alat analisa dalam makalah ini.

B. Perumusan Masalah Dan Pertanyaan Penelitian

Makalah ini mencoba untuk menjelaskan pengaruh konsumsi dan investasi terhadap PDB, untuk itu penelitian kali ini dibantu dengan data kuartalan Indonesia dari tahun 2000 sampai dengan 2005. Dari data yang tersedia, perkembangan PDB, konsumsi dan investasi periode 2000 sampai 2005 terlihat pola yang tidak jauh berbeda. Maka, perlu diteliti lebih lanjut:

1. Adakah pengaruh pertumbuhan konsumsi dan investasi terhadap pertumbuhan PDB?

2. Apakah pengaruh pertumbuhan konsumsi dan investasi terhadap pertumbuhan PDB signifikan?

3. Dapatkah kita melakukan prediksi pertumbuhan PDB dengan menggunakan model tersebut?

4. Apakah hubungan konsumsi dan investasi dengan pertumbuhan PDB merupakan hubungan dua arah?

C. Tujuan Studi / Penelitian

Sebagaimana yang telah diutarakan sebelumnya bahwa PDB merupakan cerminan dari kinerja ekonomi, maka sangatlah penting untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhinya. Dengan menggunakan sampel negara Indonesia, tujuan akhir dari makalah ini adalah:

1. Mengetahui pengaruh pertumbuhan konsumsi dan investasi terhadap pertumbuhan PDB

2. Mengetahui signifikansi pertumbuhan konsumsi dan investasi terhadap pertumbuhan PDB

3. Mengetahui pertumbuhan PDB dengan menggunakan model tersebut

4. Mengetahui hubungan kausalitas antara konsumsi dan investasi dengan pertumbuhan PDB

D. Signifikansi Dan Manfaat Studi

Dengan dilakukannya penelitian ini, diharapkan jawaban atas adanya pengaruh antara pertumbuhan konsumsi dan investasi terhadap pertumbuhan PDB dapat terjawab, selain itu agar dapat diketahui apakah pertumbuhan konsumsi dan investasi dengan pertumbuhan PDB memiliki hubungan dua arah yang saling mempengaruhi. Jika memang terdapat hubungan yang saling mempengaruhi, dimana konsumsi dan investasi mempengaruhi PDB dan juga sebaliknya, maka hal ini akan mempermudah pemegang otoritas moneter untuk menetapkan kebijakan. Setidaknya, penelitian ini setidaknya bisa memberikan tambahan wawasan bagi rekan-rekan mahasiswa dan perkembangan ilmu pengetahuan terutama pada masalah PDB, konsumsi dan investasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UJIAN PAKET C, IJAZAH SMA, KEJAR PAKET C, HUBUNGI 085227044550

HABBATUSSAUDA EXTRAFIT 369

Arsip Blog