Rabu, 07 Januari 2009

BEBERAPA PENYAKIT MENULAR ANAK-ANAK

INSYA ALLAH DENGAN HABBAT`S KID HONEY SEMUA JENIS PENYAKIT ANAK ANDA BISA DICEGAH DAN DIOBATI. AMIN. HABBAT`S KID HONEY : Madu sehat pengganti multivitamin. Selain rasanya yang enak disukai anak-anak juga mengandung Omega3,6 dan 9 sangat baik untuk pertumbuhan otak,menurunkan panas badan (demam), membantu memelihara kesehatan,meningkatkan stamina anak serta menambah nafsu makan dan Insya Allah membantu menyembuhkan segala macam penyakit. Amin.
Habbatussauda obat segala macampenyakit kecuali kematian (HR. Bukhari - Muslim) Madu obat yang menyembuhkan bagi manusia (QS: An-Nahl: 69) Untuk Konsultasi dan pemesanan Hubungi Bin Muhsin di 085227044550 / 021-91913103 email: binmushin_group@yahoo.co.id
===

Cacar Air

Chicken pox

Waktu terekspos sampai kena penyakit 2 sampai kena penyakit 2 sampai 3 minggu

Gejala Sedikit demam,pilek,dan ruam yang dimulai sebagai bintik-bintik merah muda yang melepuh dan berkopeng.mungkin lebih parah bagi wanita hamil dan anak-anak baru lahir.

Apakah anak saya harus tetap dirumah ?

Ya selama 5 hari setelah ruammulai muncul dan sampai semua lepuh telah berkeropeng.

Bagaimanakah saya dapat mencegah penularan ?

Imunisasi tersedia bagi anak-anak yang berusia lebih dari 12 bulan.imunisasi ini dianjurkan bagi orang diatas usia 12 yang tidak mempunyai kekebalan.

Konjungtivitis

Conjunctivitis

Waktu terekspos sampai kena penyakit 1-3 hari.

Gejala

Mata tersa kasar mengatakan,merah dan mungkin berair.Kelopak mata mungkin terlekat sewaktu bangun tidur.

Apakah anak saya harus tetap dirumah ?

Mencuci tangan dengan teliti;tidak mengunakan handuk yang sama

Antibiotik mungkin diperlukan.

Radang lambung dan usus

Gastroenteritis

Waktu terekspos sampai kena penyakit

Tergantung penyebabnya:beberapa jam sampai beberapa hari.

Gejala

Kombinasi sering membuang hajat besar atau berak berak,muntah,demam,sakit kepala.

Apakah anak saya harus tetap dirumah ?

Ya,sekurang kurangnya selama 24 jam setelah diare berhenti.

Bagaimana saya dapat mencegah penularan ?

Mencuci tangan secara teliti dengan sabun dan air setelah membuang hajat atau menyentuh lampin dan sebelum menyentuh makanan.

Rubela

German measles (Rubella)

Gejala

Seringkali gejala yang sederhana atau tiada gejala,demam sederhana pilek,kelenjar getah bening yang bengkak,ruam merah mudah selama waktu yang singkat.Dapat menyebabkan kecacatan lahir jika wanita hamil terkena infeksi.

Apakah anak saya harus tetap dirumah ?

Ya,selama sekurang-kurangnya 4 hari setelah ruam muncul.

Bagaimanakah saya dapat mencegah penularan ?

Imunisasi (MMR) pada usia 12 bulan dan 4 tahun.

Demam kelenjar

Glandular fever

Waktu terekspos sampai kena penyakit 4 sampai 6 minggu

Gejala

Demam,sakit kepala,sakit kerongkongan,kecapain,kelenjar getah bening yang bengkak.

Apakah anak-saya harus tetap di rumah ?

Tidak,kecuali jika sakit.

Bagaimana saya dapat mencegah penularan ?

Mencuci tangan dengan teliti.Jangan minum dan makan bersama,mengunakan alat makan yang sama dan berciuman

Penyakit tangan,kaki dan mulut

Head,foot and mouth disease

Waktu terekspos sampai kena penyakit 3 sampai 7 hari

Gejala

Penyakit yang sederhana,mungkin dengan demam,lepuh dibagian mulut,tangan dan kaki,dan mungkin di bagian lampin.

Apakah anak saya harus tetap dirumah

Ya,sampai lepuh telah kering.

Bagaimanakah saya dapat mencegah penularan ?

Mencuci tangan dengan teliti terutama setelah membersihkan hidung.mengunakan toilet atau mengantikan lampin.

Kutu

Head lice.

Waktu dari dihinggapi sampai telur menetas biasanya 5 sampai 7 hari.

Gejala

Kepala gatal,bintik-bintik putih pada pangkal rambut,mungkin ada kutu di kepala

Apakah anak saya harus tetap dirumah ?

Tidak,asalakan sedang menjalani perawatan kutu.

Bagaimana saya dapat mencegah penularan ?

Keluarga,teman dan pelajar sekelas harus diperiksa dan dirawat kalau terkena kutu.

Hepatitis A

Hepatitis A

Waktu terekspos sampai kena penyakit

Kira-kira 2 sampai 6 minggu

Gejala

Seringkali tidak ada bagi anak kecil;demam tiba tiba,hilang nafsu makan,mual,muntah,penyakit kuning (kulit dan mata menjadi kuning),air penyakit kencing berwarna tua,berak pucat.

Apakah anak saya harus tetap dirumah ?

Ya,selama 2 minggu setelah gejala pertama atau 1 minggu setelah penyakit kuning muncul.

Bagaimanakah saya dapat mencegah penularan ?

Mencuci tangan dengan teliti,orang yang dekat mungkin harus menerima injeksi immunoglobulin;imunisasi dianjurkan bagi beberapa orang.

Impetigo

Impetigo (School sores)

Waktu terekspos sampai kena penyakit 1 sampai 3 hari

Gejala

Bintik-bintik merah yang kecil menjadi lepuh yang berisi nanah dan berkeropeng;biasanya pada muka,tangan atau kepala.

Apakah anak saya harus tetap di rumah ?

Ya,sampai perawatan dimul.Bisul harus ditutup dengan pembalut yang kerap air.

Bagaimanakah saya dapat mencegah penularan ?

Mencuci tangan dengan teliti.

Influensa

Influenza

Waktu terekspos sampai kena penyakit 1 sampai 3 hari

Gejala

Demam mendadak,pilek,sakit kerongkongan,batuk,sakit otot, dan kepala.

Apakah anak saya harus tetap di rumah ?

Ya,sehingga mereka berasa lebih baik.

Bagaimanakah saya dapat mencegah penularan ?

Imunisasi dianjurkan bagi kaum lanjut usia atau orang yang mempunyai penyakit kronis

Campak

Measles

Waktu terekspos sampai kena penyakit:

Kira-kira 10 sampai 12 hari sehingga gejala pertama,dan 14 hari sehingga ruam muncul.

Gejala

Demam,kecapaian,pilek,batu dan mata yang radang dan merah selama beberapa hari diikuti dengan ruam jerawat merah yang mulai pada muka dan merebak ke tubuh dan ada selama 4 sampai 7 hari.

Apakah anak saya harus tetap dirumah ?

Ya selama sekurang-kurangnya 4 hari setelah ruam muncul

Bagaimanakah saya harus dapat mencegah penularan ?

Imunisasi (MMR) pada usia 12 bulan dan 4 tahun.Orang yang dekat dan tidak mempunyai kekebalan seharusnya tidak menghadiri sekolah atau bekerja selama 14 hari.

Penyakit meningokokus

Meningococcal disease

Waktu terekspos sampai kena penyakit 2 sampai 10 hari

Gejala

Demam mendadak dan kombinasi sakit kepala,leher pegal,mual,muntah,mengantuk dan ruam.

Apakah anak saya harus tetap dirumah ?

Memperoleh bantuan medis dengan segera pasien akan memerlukan perawatan dirumah sakit.

Bagaimanakan saya mencegah penularan ?

Jangan minum minuman yang sama.Orang yang dekat harus bertemu dengan dokter dengan segera jika gejala muncul,dan mungkin perlu minum antibotik tertentu.

Beguk

Mumps

Waktu terekspos sampai kena penyakit 14 sampai 25 hari

Gejala

Demam,kelenjar yang bengkak dan sakit di bagian rahang.

Apakah anak saya harus tetap di rumah ?

Ya,selama 9 hari setelah bengkak timbul.

Bagaimanakah saya dapat mencegah penularan ?

Imunisasi (MMR) pada usia 12 bulan dan 4 tahun.

Kurap

Ringworm

Waktu terekspos sampai kena penyakit

Berbeda-beda (mungkin beberapa hari)

Gejala

Bagian kecil yang kasar pada kulit dengan lingkaran merah muda sekeliling

Apakah anak saya harus tetap dirumah ?

Ya,sampai hari perawatan telah mulai.

Bagaimanakah saya dapat mencegah penularan ?

Mencuci tangan dengan teliti

Kudis

Scabies

Waktu terekspos sampai kena penyakit

Infeksi baru : 2 sampai 6 minggu

Infeksi ulang : 1 sampai 4 hari

Gejala

Kulit gatal,lebuh parah pada waktu malam.Lebih parah dipergelangan tangan,ketiak,pantat,kunci paha dan setelah perawatan telah mulai.

Apakah anak saya harus tetap di rumah ?

Ya,sampai hari setelah perawatan telah mulai.

Bagaimanakah saya dapat mencegah penularan ?

Orang yang dekat harus diperiksa apakah dihinggapi dan dirawat jikas perlu.Cucilah seprai,handuk dan pakaian yang dipakai pada 2 hari belakangan dengan air hangat detergen

Skarlatina

Scarlet fever

Waktu terekspos sampai kena penyakit

1 sampai 3 hari.

Gejala

Sakit kerongkongan,demam tinggi dan muntah diikuti dengan ruam dalam waktu 12 sampai 36 jam.

Apakah anak saya harus tetap di rumah ?

Ya,sampai sekurang-kurangnya 24 jam setelah perawatan telah mulai dan anak-anak lebih sehat.

Bagaimanakah saya dapat mencegah penularan ?

Mencuci tangan dengan teliti.Orang dekat yang sakit harus bertemu dengan dokter mereka.

Eritema infektiosum (Parvovirus B19)

Slapped cheek (Erythema infectiousum,fith disease,parvovirus B19)

Waktu terekspos sampai kena penyakit 1 sampai 2 minggu.

Gejala

Penyakit sederhana:demam,pipi merah,ruam,jala dan mungkin batuk,sakit kerongkongan atau pilek,Jika Anda hamil sewaktu anak Anda menderita penyakit ini segera berjumpalah dengan dokter Anda karena mungkin ada pengaruh terhadap bayi yang belum lahir.

Apakah anak saya harus tetap dirumah?

Tidak,penyakit ini paling berjangkit sebelum ruam muncul.

Bagaimanakah saya dapat mencegah penularan ?

Mencuci tangan dengan teliti:jangan minum bersama.

Batuk rejan (pertusis)

Whooping cough (Pertussis)

Waktu terekspos sampai kena penyakit 7 sampai 20 hari.

Gejala

Mulai dengan pilek,diikuti dengan batuk terus menerus yang terputus-putus.Batuk mungkin diikuti dengan muntah dan bunyi yang keras sewaktu anak megap-megap.

Apakah anak saya harus tetap dirumah ?

Ya,sehingga anak telah minum antibiotik khusus selama 5 hari pertama.

Bagaimanakah saya dapat mencegah penularan ?Imunisasi pada usia 2,4,6,dan 18 bulan dan 4 tahun.Antibiotik khusus akan diberikan kepada pasien dan orang yang dekat.Orang dekat yang belum menerima imunisasi mungkin terkecuali dari pusat penjagaan anak sehingga mereka telah minum antibiotik khusus selama 5 hari pertama

Cacing

Worms

Waktu terekspos sampai kena penyakit beberapa minggu

Gejala

Pantat gatal

Apakah anak saya harus tetap di rumah?

Tidak

Bagaimanakah saya dapat mencegah penularan ?

Mencuci tangan dengan teliti.Semua orang di rumah harus durawat.Cucilah seprai,handuk,dan pakaian yang dipakai pada 2 hari belakangan dengan air hangat dan detergen. 

1 komentar:

  1. Manfaatnya banyak banget deh dan mulai sekrang jadi tau penyakit apa saja yang dapat menular dan juga gejala - gejalanya sekaligus juga tau bagaimana cara penanganannya . Terima kasih banget infonya :)

    Dampak Imunisasi Tidak Lengkap

    BalasHapus

UJIAN PAKET C, IJAZAH SMA, KEJAR PAKET C, HUBUNGI 085227044550

HABBATUSSAUDA EXTRAFIT 369

Arsip Blog